Kemajuan Pendidikan Mengangkat Kemajuan Negara

Berbicara soal Pendidikan di Indonesia.

Kemajuan Pendidikan Mengangkat Kemajuan Negara. Pendidikan merupakan pusat bagi kemajuan sebuah bangsa, melalui pendidikan kita semua sebagai masyarakat dapat mengetahui kearah mana negaranya akan dibawa, untuk dapat mengikuti arus globalisasi maupun modernisasi. Namun bagaimana ketika suatu negara menganggap permasalahan-permasalahan yang menyangkut dunia pendidikan?

Beberapa masalah mendasar yang sangat berpengaruh terhadap essensi lembaga pendidikan di negara kita tercinta ini, berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional dan untuk membangun kepercayaan masyarakat, misalnya pengembangan kurikulum, peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, penigkatan mutu menejemen sekolah, dan sebagainya. Namun demikian, berbagai indikator mutu pendidikan belum menunjukan peningkatan yang berarti. Sebagian sekolah, terutama di kota-kota menunjukan peningkatan mutu yang cukup mengembirakan, sebaliknya sebagian lain masih memprihatinkan.  Maka dari itu sekolah mau tak mau harus bisa memberikan jaminan mutu untuk memenuhi kepuasan pelanggannya .

Masih jauh dari kemungkinan untuk dapat mengarah kepada kemajuan pendidikan di negara kita apabila permasalahan seperti ini masih tidak dibenahi oleh pemerintah.


Profesionalisme Guru dalam Usaha Pengangkatan Mutu Pendidikan.

Guru mempunyai tugas dan fungsi yang beragam, salah satunya adalah sebagai fasilitator dalam menyampaikan ilmu pengetahuan kepada seluruh anak bangsa demi mencerdaskan dan mengarahkan mereka dalam menghadapi hidup di masa mendatang.
Pada era globalisasi saat ini, pendidikan mempunyai tanggung jawab dalam tugas untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia berkualitas di masa depan. Di lingkungan pendidikan seperti sekolahan, keprofesionalime seorang guru memegang kunci utama bagi peningkatan mutu tersebut, yang mencakup peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik sebagai aset generasi penerus Indonesia masa depan.

Tuntutan globalisasi dan modernisasi yang semakin maju dengan ditandai oleh rasionalisasi dalam berkarya yang sangat tinggi, haruslah diimbangi dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Karena bisa saja orang tua kualahan membimbing anaknya dalam segi persiapan hidup. Dengan kata lain peran guru akan lebih penting untuk dapat mengimbangi kondisi perkembangan siswa di sekolah. Selain memiliki pengetahuan yang tinggi dalam substansi bidang mata pelajaran, seorang guru dituntut pula untuk menunjukkan keterampilannya secara unggul dalam bidang pendidikan dan pembelajaran.

Ada banyak usaha yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk dapat konsisten dalam keprofesioanalismenya. Yakni seperti berperilaku sejalan dengan kode etik profesi dan membangun rasa kesejawatan dengan rekan seprofesi untuk bersama-sama membangun mutu pendidikan Indonesia. 

Namun saya sangat mengapresiasi kepada para bapak ibu guru yang senantiasa mengajarkan anak didiknya tanpa lelah dan tanpa keluh kesah, Peran guru dalam mencerdaskan bangsa atau anak bangsa merupakan tugas yang tidak begitu mudah, bagaimana tidak, para siswa yang dihadapi memiliki sifat, sikap dan tingkah laku yang beragam, tingkat kecerdasan yang tidak sama, latar belakang keluarga yang berbeda, sehingga setiap guru harus memiliki trik dan cara sendiri yang dirasa lebih nyaman dan bisa digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran yang dilaksanakan. semoga Pemerintah juga mau memperhatikan  kualitas dan kesejahteraan para guru.

Kesimpulan
 
Pendidikan sebagai Grand atau pusat dari kemajuan bangsa haruslah diberikan perhatian khusus oleh berbagai pihak terutama pemerintah. harus menyadari bahwa hakikat atau tujuan utama dari inovasi pendidikan adalah untuk membantu sekolah mencapai tujuannya secara efektif melalui penerapan sejumlah program atau praktek-praktek pendidikan yang lebih baik.

Demikian ulasan yang bisa saya sampaikan Mengenai Pendidikan di Indonesia. Semoga kedepan pendidikan di negara kita tercinta ini bisa lebih maju dalam segala aspek.
AchsanBlog â„¢

48 Responses to "Kemajuan Pendidikan Mengangkat Kemajuan Negara"

  1. benar tuh bang, pendidikan itu sangat berarti bagi negara,.,.
    semoga usaha2 yang dilakukan pemerintah untuk memajukkan bangsa khususnya dibidang pendidikan berhasil, sehingga menjadi bangsa yang maju atas inovasi para peserta didik....

    ReplyDelete
  2. met siang genk wah. ini patut di tru genk. mksih genk dah mau berbagi

    ReplyDelete
  3. Pendidikan itu utama, karena tanpa pendidikan yang layak kita tdk akan bisa maju dan berkembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali, pendidikan kuci sukses masa depan

      Delete
  4. saya setuju pendidikan itu sangat bearti

    ReplyDelete
  5. sepakat :), profesionalisme guru musti ditingkatkan :), salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya krna keprofesionalime seorang guru memegang kunci utama bagi peningkatan mutu pndidikan itu sndiri

      Delete
  6. tapi pendidikan di negara kita ini masih jauh dari standar internasional,,,gimana donk???

    ReplyDelete
    Replies
    1. maka dari itu permasalahan2 yg ada perlu dselesaikan trlbih dahulu kemudian dlanjut perbaikan sistem & kualitas ddlamnya. nnti stlah itu baru dtingkatkan k jenjang yg lbih baik

      Delete
  7. Kunjungan Perdana :) tapi apakah indonesia bisa jadi negara yang maju karena pendidikan ?
    Udah ane follow tuh bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. so pasti bisa, apabila (SDM) Indonesia berkualitas. maka dri itu pendidikan sangatlah pnting supaya bs mencetak generasi2 cerdas di masa depan. untuk membawah Indonesia ke arah yg lebih baik n maju

      Delete
  8. pendidikan di negara kita masih bnyak memakan biaya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, smoga pemerintah trus mau mmbrikan mengupayakan bantuan sjenis BOS, dll trutama untuk meringankan sodara2 yg kurang mampu

      Delete
  9. semoga memang bisa terus di gali ya mas SDM kita.. sukses terus :)

    ReplyDelete
  10. Tanpa ada nya pendidikan ...mengingatkan kisah pahit...di jajah oleh kolonial slama setengah abad...ya bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar skali bang, pendidikan sbagai pningkat kualitas SDM , supya kita tdk djajah lg :)

      Delete
  11. pendidikan emang penting... kalo pendidikan negara kita maju, otomatis negara akan perlahan juga menjadi maju :D

    Salam kenal ^_^

    ReplyDelete
  12. Keren ne Mas Artikel nya..., I Like.

    Sekalian mau laporin Follow Ke : 153 Succes...!

    Follback ya Mas...!

    ReplyDelete
  13. pendidikan itu penting. tanpa pendidikan kita tdk akan berkembang.

    makasih kawan infonya...

    ReplyDelete
  14. nice posting!
    setuju mudah2an beneran bisa makin maju. amin.

    eh blognya udah aku follow, follow balik ya :
    salam kenal

    ReplyDelete
  15. benar, dengan majunya pendidikan dan dengan dihasilkannya manusia yang lebih baik tentu akan membawah dampak baik bagi negara :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga keinginan kita akan kemajuan pendidikan di negri ini terealisasi. amin

      Delete
  16. salam kenal kawan,,,numpang follow yah...
    follback ya kawanku..

    ReplyDelete
  17. Memang benar.. pendidikan sangat penting, sukses selalu ya brur.

    ReplyDelete
  18. Sedikit tambahan, sebenarnya peran guru itu bukan hanya 'transfer knowledge' , mau sebaik apapun pendidikan jika guru tidak dapat mengubah mindset perilaku murid2nya menjadi lebih baik ya bukan guru juga :)

    btw salam kenal juga *kemarin agan udah komentar di blog ku* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar apa yg anda katakan, itu sudah sya cangkup di tulisan saya diatas SEMUA ASPEK termasuk prilaku siswanya. msih banyak sbenarnya yg bs d ulas dri dunia pndidikan..

      salam kenal jg y :)

      Delete
  19. Sip bener sob artikelnya, berkesan buat saya, bagi saya guru itu adalah pintu utama. menuju masa depan yang lebih cemerlang

    ReplyDelete
    Replies
    1. trmakasih sob, amiin smoga bs lebih baik lg y pendidikan & bangsa kita

      Delete
  20. sebagai guru, saya suka postingan ini. semoga ke depannya kualitas pendidikan membaik...
    oya join back ya di blog saya:
    http://inarakhmawati.blogspot.com

    salam :)

    ReplyDelete
  21. Guru seharusnya juga menyadari dan mengajarkan akan hal yang penting bahwasannya pendidikan bukan hanya untuk mentransfer ilmu semata tetapi juga untuk mentransfer nilai-nilai moralitas dan akhlak yang baik dari pendidik kepada yang dididik. Agar terciptanya generasi-generasi penerus bangsa yang bukan hanya pintar secara intelektualnya namun iman dan taqwa nya juga mantap.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel