Fungsi dan Tujuan Manajemen Keuangan

Fungsi Manajemen Keuangan adalah dari tugas dan tanggung jawab manajer keuangan. Tugas pokok manajemen keuangan antara lain meliputi keputusan tentang investasi, pembiayaan kegiatan usaha dan pembagian deviden suatu perusahaan, dengan demikian tugas manajer keuangan adalah merencanakan untuk memaksimumkan nilai perusahaan.

Tugas Pokok Manejemen Keuangan


Tugas-tugas dasar yang diemban oleh seorang menejer keuangan secara umum adalah :
1.    Mendapatkan Dana Perusahaan
2.    Menggunakan Dana Perusahaan
3.    Membagi Keuntugan / Laba Perusahaan

Tujuan Manajemen Keuangan


Tujuan dengan adanya manajer keuangan untuk mengeloa dana perusahaan pada suatu perusahaan secara umum adalah untuk memaksimalisasi nilai perusahaan. Dengan demikian apabila suatu saat perusahaan dijual maka harganya dapat ditetapkan setinggi mungkin.


Sebagai contoh keterkaitan tanggung jawab tersebut adalah misalnya Anda menginginkan untuk melakukan perluasan usaha maka Manajer Keuangan atau bagian keuangan akan berkoordinasi dengan bagian produksi apakah kaasitas produksi (mesin-mesin) masih mencukupi untuk rencana perluasan tersebut.

Tanggung jawab dari Manajer Keuangan atau bagian keuangan didalam mengelola fungsi Manajemen Keuangan dapat digambarkan dalam skematis berikut ini :





11 Responses to "Fungsi dan Tujuan Manajemen Keuangan"

  1. sama atau tidak manajemen keuangan sama manajemen Accounting gan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda gan, Mnjemen keuangan itu perencanaan, peranggaran dan pengelolaan sputar dana prusahaan. klo Akuntansi pencatatan transaksinya

      Delete
  2. manajemen keuangan itu apa kayak jurusan akutansi hehe gua anak teknik jadi gak gitu tahu... tapi pernah baca buku manajemen keungan gini..... katanya penulis buku "enterpreneur itu bukan hanya orang yang buka usaha, tapi juga seorang karyawan yang bisa atur keungan" apa kayak gitu an san?

    ReplyDelete
    Replies
    1. serupa tapi tak sama, hhe klo ak jrusan manajemen. sbgian makul ad hitunga2an akuntan jg. klo jrusan akuntansi full account.

      y trmasuk ddalamnya, intinya enterpreneur itu aktivitas yang secara konsisten dilakukan guna mengkonversi ide-ide yang bagus menjadi kegiatan usaha yang menguntungkan

      Delete
  3. lumayan menambah ilmu.. makasih sob, hehe

    ReplyDelete
  4. terima kasih infonya, salam kenal dari saya :)
    kunjungan baliknya gan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel