Achsan Blog

Menyajikan Informasi Terbaru 2014

Perbaikan Sarana Telekomunikasi Menunjang Kemajuan Bangsa

Di era globalisasi yang sudah sangat maju seperti saat ini telekomunikasi merupakan hal yang penting khususnya di Indonesia. Sebuah negara memiliki klasifikasi tersendiri untuk mengatakan rakyatnya makmur atau tidak, rakyatnya modern atau tidak. Begitu juga dengan Negara Indonesia yang memiliki tipe masyarakat yang konsumtif terhadap segala sesuatu yang tengah menjadi trend saat itu, salah satunya terkait dengan jaringan telekomunikasi jarak jauh dengan telepon.
 
Jaman canggih tapi sinyal HP belum masuk pedesaan?

Di balik aktivitas masyarakat dalam penggunaan teknlogi telekomunikasi ternyata masih menyisakan banyak kendala dan masalah satu di antaranya adalah masalah Jangkauan Sinyal di daerah pedeasaan, Seperti yang di alami Warga Desa Air Lengit Kecamatan Bunguran Tengah (Sumber: Media Kepribangkit, 2013). dalam beberapa tahun akhir Warga Desa Air Lengit pusing karena sulit untuk bisa berkomunikasi dengan teman, saudara atau sahabat di daerah lain. Pasalnya, di desa ini sangat sulit menemukan sinyal handphone yang bisa membantu warga di desa itu untuk berkomunikasi dengan dunia luar.
 
warga berusaha mencari sinyal Hp
Soal sinyal yang sulit ini selalu menjadi perbincangan hangat di masyarakat Air Lengit. Maklum, di tengah era kemajuan informasi tekhnologi seperti sekarang mestinya mereka tidak ketinggalan masalah komunikasi dengan dengan handphone yang sudah dinikmati oleh seluruh masyarakat di tanah air.

Jika di tinjau keberadaan Desa Air Lengit memang sudah maju dan boleh di katakan pesat perkembangannya. Hampir semua rumah sudah dibangun dengan beton. Jalan-jalan diperbaiki dengan bagus. Begitu juga prasarana lainnya juga cukup berkembang dengan pesat.

Namun lain halnya dengan masalah tekhnologi informasi. Di desa ini soal komunikasi dengan handphone masih sangat tertinggal. Masalahnya ya itu, soal sinyal HP yang sangat susah ditemukan.

Peran operator seluler dalam memajukan pendidikan dan perekonomian di daerah pinggiran kota dan pedalaman Indonesia.

Dalam kasus pemberitaan di atas (Warga Desa Air Lengit kesulitan mencari sinya HP), Tentunya harus ada tindakan peran dari berbagai pihak untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah operator seluler. Ya, operator seluler mampu menjadi pemangkas batas jarak dan waktu yang menjadi hambatan dalam suatu pembangunan. Adapun langkah-langkah konkrit strategis yang dapat diupayakan oleh operator seluler yang paling utama adalah perluasan jangkauan sinyal. Dengan jangkauan sinyal yang semakin luas maka diharapkan mampu menjangkau seluruh masyarakat yang ada di pelosok negeri terutama wilayah perbatasan. Dengan ternikmatinya layanan operator seluler maka jumlah masyarakat yang miskin secara ekonomi dan ilmu serta gagap teknologi terutama di wilayah perbatasan dapat dikurangi. Akibat nyata dari hal ini akan berimbas terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat yang ada.

Disisi lain menurut pandangan saya pribadi opeator seluler mempunyai berbagai peran yang bisa dijalankan dalam memperbaiki sekaligus sebagai media untuk membantu dan mempermudah masyarakat dalam hal telekomunkasi, diantaranya :

Sebagai fasilitator pendidikan
Fasilitator disini artinya memberikan fasilitas kepada para pelajar  dan masyarakat umum di daerah terpencil agar dapat lebih luas dalam mengenal dunia dan menambah wawasan. Melalui layanan GPRS, mereka dapat terhubung ke internet untuk media belajar dan mengakses informasi teranyar di dalamnya secara bertanggungjawab. Untuk media sosiaisasi, bisa mengakses situs-situs jejaring sosial seperti Facebook dan twitter yang belakangan sedang booming diminati. Dengan demikian diharapkan wawasan masyarakat dapat berkembang serta mengaplikasikanny dengan sesuai.


Penyedia jasa telekomunikasi
Pelaksanaan peran ini contohnya adalah membuat masyarakat daerah terpencil dapat memanfaatkan jasa telekomunikasi dalam mengembangkan perekonomiannya karena dengan cepatnya informasi suatu barang, pihak pemint dapat mengetahui komoditas yang dikehendakinya. Disamping itu, dapat pula merintis majunya perekenomian daerah selama ini investor yang berminat di daerah terpencil seringkali terbatas oleh minimnya pelayanan telekomunikasi di daerah itu. Maka bila operator merintis pembangunan jaringan telekomunikasi, dapat memberi ruang kepada para investor untuk menjangakau daerah tersebut. Sehingga tercipta kondisi yang saling menguntungkan antara penduduk yang mendapat lapangan pekerjaan, operator telekomunikasi mendapaat pelanggan baru, dan investor mendapatkan hasil dari investasinya.

Pengembangan teknologi untuk daerah terpencil
Dalam mengembangkan teknologinya, operator harus bersifat selektif terhadap peluang yang ada agar pengembangan teknologi tersebut nantinya dapat diterima msyarakat secara baik. Memang tidak mudah jika ingin exist di tengah persaingan teknologi yang kian hari kian ramai dengan bermunculan produk-poduk gress. Operaor yang memiliki daya saing tinggi tentunya dapat diterima masyarakat dengan baik. Hal tersebut memberikan sebuah simbiosis mutualisme antar operator dan penggunanya. Misalkan saja dengan mengembangkan internet. Hari ini siapa orang yang tidak mengenal internet. Internet bisa membantu dalam proses pendidikan dan perekonomian daerah. Sumber segala informasi tertuang didalamnya. Wawasan masyarakat bisa bertambah dan menjadikan masyarkat yang lebih kreatif. Pemakaiannya pun tidaklah sulit, tapi yang masih menjadi kendala mengembangkannya adalah belum adanya jaringan yang menjangkau sampai ke daerah terpencil disebabkan lokasi yang mungkin dianggap terlalu jauh bagi beberapa pengelola operator. Kita tahu untuk mengakses internet diperlukan jaringan palimg tidak EDGE untuk memperlancarnya. Maka seharusnya operator bisa ambil bagian dalam menyediakan informasi bagi rakyat. Disimpulkan bahwa masih terbuka lebar peluang operator untuk lebih dikenal rakyat.  Untuk itu, ini menjadi tantangan tersendiri bagi operator untuk terus bisa memperlancar arus informasi ke seluruh pelosok negeri mengingat kondisi di beberapa daerah masih minim teknologi dan terbatas informasi.

Perlunya dukungan Pemerintah !

Selain kinerja dari operator seluler, Pemerintah dan swasta memiliki peran yang sama pentingnya dalam pembangunan di Indonesia. Namun, pada kenyataannya terlihat bahwa peran pemerintah dan swasta cenderung berjalan sendiri-sendiri menyesuaikan dengan tujuan yang saling berbeda. Baik pemerintah maupun swasta seyogianya selalu berada dalam lingkaran ketergantungan yang menuntut kedua belah pihak untuk selalu bekerjasama. Begitu pula halnya dengan pembangunan di daerah perbatasan di mana sangat dituntut peran pemerintah maupun swasta. Dengan adanya sinergi antara pemerintah dan swasta maka akan mempercepat proses pembangunan di segala bidang. Contohnya saja, pemerintah membangun infrastruktur pada suatu daerah sehingga pihak operator telekomunikasi dapat menginvestasikan modalnya pada bidang telekomunikasi. Sehingga, pembangunan bangsa ini menjadi meningkat yang ditandai dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat. Oleh sebab itu peran sinergi antara pemerintah dan operator seluler dirasa sangat penting dalam pembangunan Indonesia khususnya di daerah perbatasan.

Tahap pencapaian
Agar peran-peran tersebut bisa tercapai operator perlu menunjukan eksistensinya dengan pelayanan yang comfortable. Kerjasama antara operator sangat penting dengan adanya kemitraan dengan pemerintah yang bersangkutan. Operator dapat bereksperimen dalam mencari terobosan untuk mengoptimalkan pendidikan dan perekonomian di daerah terpencil. Dalam hal ini masyarakat berperan sebagai pendukung jalannya peran terebut serta dibarengi peran pemerintah sebagai pengontrol sistem supaya dapat terus berjalan.

Dengan para ahli dibidangnya, operator bersama pemerintah dituntut dapat meningkat kualitas pendidikan dan perekonomian. Jadi operator bukan hanya sebagi penyedia layanan komunikasi saja, tapi juga mampu mengarahkan pendidikan dan perkonomian Indonesia ke arah yang lebih baik. Untuk itu, peluang operator ikut serta sagat terbuka lebar.

Bentuk kerjasama antar operator serta pemerintah sebagai upaya pencapaian peran tersebut bukan hal mudah. Tapi itu semua terlaksana dengan timbulnya tekad dari pihak terlibat untuk menunjang kemajuan negara kita tercinta Indonesia menuju ke arah yang lebih lebih baik.

Penulis : Moch. Achsanul In'am
artikel ini di ikut sertakan dalam lomba karya tulis XL Award 2013
16 Komentar untuk " Perbaikan Sarana Telekomunikasi Menunjang Kemajuan Bangsa"

Telekomunikasi di Indonesia Masih kacau bahkan dengan thailand pun kalah. hmm

berkunjung sob,menyimak artikelnya,kemana saja sob,lama nggak bersua.oh ya terima kasih infonya yah.saya sudah menyimaknya namun saya nggak bisa berkomentar tentang masalah di ats,.

pihak-pihak yang terkait, terutama penyedia layanan sebaiknya lebih konsen memperluas jaringan dan memparbaiki kinerja ya sob, agar daerah terpencil juga bisa menikmati sinyal yang bagus...

mantap... kunjungan balik sukses gan...
follow juga sukses... mohon kerjasanya...

muantep tuh...

dulu ditempat ane juga gitu gan .. tapi sekarang udah engga :D

nice gan infonya.
just blog walking, visit and follow

salam kenal kembali mas, wah berarti belum ada tower pemancar seluler jadi susah untuk menangkap sinyal hp

mungkin warga desa pelosok harusnya bersatu padu untuk gerakan telepon masuk desa. biar cepet di gubris.

salam blogwalking

met siang sobat wah asiknya'y fhto2'an heheheh

belum merata dalam penyebaran media penyebaran sinyalnya di Indonesia nih,,

kunjungan kembali sukses gan..

lama2 sms bisa tanpa pulsa mas.. wkwk

sangat membantu ilmunya, trimaksh

 
Copyright © 2014 Achsan Blog - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info