Achsan Blog adalah Media Informasi dan Kumpulan Tips

Sunday, November 25, 2012

Kayangan Api, Wisata Api Abadi.


AchsanBlog - Kayangan Api, Wisata Api Abadi. sobat Kayangan Api merupakan salah satu satu tempat wisata yang ada di Bumi Angling Dharma, Kabupaten Bojonegoro. Selain mengeluarkan api abadi yang terbesar se-Asia Tenggara, tempat wisata ini juga mengeluarkan semburan api bercampur air yang sering disebut masyarakat sebagai 'air blukuthuk'. Tim geologi dari Inggris, misalnya, menyebutkan Kayangan Api merupakan sumber api yang terbesar di dunia. Tempat wisata ini berada di Desa Sendang Harjo Kecamatan Ngasem yang berada di tengah-tengah hutan jati dan terletak sekitar 15 kilometer selatan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Begitu memasuki gapura, tampak berdiri jajaran tiang. Di tengah tiang tersebut terdapat sebuah lingkaran batu. Dari lingkaran itu menguap gelombang panas, sementara api unggun berwarna kuning kemerahan menari-nari tertiup angin. Sayangnya, cahaya api itu tidak terlalu terlihat di siang hari. Bila Datang sebaiknya datang di malam hari karena apinya akan terlihat jelas. serem tapi kalo malam lewat hutan soalnya, hehe


Menurut sejarah dari masyarakat setempat, Kayangan Api adalah petilasan seorang Mpu pembuat keris pada jaman kerajaan Majapahit. Jalan menuju kayangan kata lain dari Kayangan Api merupakan tempat pengasingan seorang mpu yang bernama samaran Ki Kriya Kusuma yang bernama asli Mpu Supagati. Dia adalah seorang mpu pembuat keris yang terkenal di zaman Majapahit. Di tempat pengasingannya inilah Ki Kriya Kusuma melakukan tapa sambil menekuni profesinya sebagai ahli pembuat keris. Di dalam pengasingannya, Mpu Supagati berhasil membuat sebuah keris keris yang terkenal dan diberi nama 'Dapur Jangkung Luk Telu Blong Pok Gonjo' yang kini menjadi pusaka kabupaten. 


Selain terdapat sumber api abadi, di sekitar lokasi tersebut juga terdapat semburan air bercampur lumpur yang mengandung belerang. Namun, semburan tersebut tidak membahayakan masyarakat maupun daerah yang berada di sekitar lokasi tersebut. "Air blukuthuk ini dulunya untuk mencuci atau merendam keris yang di buat Mpu Supagati", kata Juru kunci Kayangan Api, Pak Juli. Bahkan oleh masyarakat sekitar maupun pengunjung lokasi wisata tersebut, 'air blukutuk' tersebut dianggap membawa berkah. Karena selain dapat mengobati penyakit juga dianggap dapat membawa keberuntungan bagi mereka yang datang untuk meminta keberuntungan. "Selain meminta kesembuhan dari air blukuthuk, masyarakat yang datang kesini juga melakukan tirakat dengan bertapa di dekat lokasi api abadi," ujar Pak Juli.

bagi sobat yg sedang ke bojonegoro, silakan mampir ya, keren lho, hehe
kalo sama rumah saya lumayan jauh, saya ada dikotanya soalnya :)

48 comments:

Roh Belizz said...

nyimak aja gan

Herman Bagus said...

hadir menyimak sob

Vicio rizky said...

kok ane sering k bojonegoro tp gk pernah dger ni tempat ya?? komen back y

zachflazz said...

OK deh, kalo pas ke Bojonegoro, gak bakalan lupa itu

Sigli Cyber said...

unik ya api abadi...

gk kan pernah pdam

sabda awal said...

kayaknya ane pernah liat ini di TV deh...
kalo yang beginian psti ada sangkut paut (disangku2tin) ke mistis

Ropink M said...

wow bgt tuch :)
kalo minta satu apinya boleh gak ya??? hee

Em Albar said...

entar lah sob kalau saya pergi kesana...

Reo Adam said...

suer penasaran nih sob
klu suatu saat pergi bojonegoro,mau liat juga lah.
mksh infonya sob

Peri Cute of Salsa said...

api bisa campur sama aer?gimana bisa tuh?

cer said...

kayaknya di blora jateng juga ada. iya ga sih?

Djangkaru Bumi said...

Temoatnya sepertinya sakar sekali, Tapi sayang ya apinya tampak jelasnya jika malam. Tempat yang indah sekali, semoga kelah bisa berwisata kesana.

Budhe Gembul said...

wah sepertinya keren ya... butuh foto lebih banyak nich kayanya.

Arief Maulana said...

Follow Back SOB, dah q Follow...

Rinem said...

wah ini kayak di madura ya, keren pasti dulu pernah di buat pengambilan api pon

Direktori WeBlog said...

Blognya bagus banget, mas!
Salam kenal dan kalau sempat mampir dan submit url blognya di blog direktori saya, gan. :)

Achsan MassiveBjn said...

woekee

Achsan MassiveBjn said...

ok sob silakan

Achsan MassiveBjn said...

ada kok, hhe tempatnya diluar kotanya

Achsan MassiveBjn said...

sipp mas :)

Achsan MassiveBjn said...

hhe, iya salah satu keajaiban alam & kekuasaan Allah SWT

Achsan MassiveBjn said...

hhe, iya kprcayaan pnduduk skitar sana. y bs dkatakan sangkut pautnya dengan legenda yg ada d bojonegoro

Achsan MassiveBjn said...

:D ya boleh sob silakan dkantongin trus dbawa pulang deh, hehe

Achsan MassiveBjn said...

woke deh sob

Achsan MassiveBjn said...

hhe, iya masbro sama2 silakan mampir klo pas lg k bjn :)

Achsan MassiveBjn said...

smburan lumpur kali ya yg bener, hehe

Achsan MassiveBjn said...

klo yg dblora saya kurang tau sob, sya kurang tau tmpat dblora soalnya. pdahal bojonegoro-blora ttangga dekat :D

Achsan MassiveBjn said...

klo pagi ya klihatan sih tp lbih jelas malam hari, hhe
ini apinya biasanya buat api pon n bakar jagung juga :D

Achsan MassiveBjn said...

hhe, iya ntar deh saya upload lagi. takutnya ngpenuhin postingan, hhe

Achsan MassiveBjn said...

bener skali ini sring dibuat api pon ataupun acara lain. tp klo yg dmadura saya kurang tau sob,hhe

Ananda Anugrah Ramadhan said...

Follback yah sob udah di follow tuh :D

http://catatan-aa.blogspot.com/

Nadratul Syazwana said...

Nice entry..

Desa Cilembu [Ubi Cilembu] said...

air blukutuk artinya air yang bunyinya blukutukblukutukbluktuk gitu ya kang....:o)
semoga tempat wisata ini jadi potensi alam bojonegoro selalu

HALAMAN PUTIH said...

Menarik juga mas tempat ini.
Sepertinya belum banyak media yang mengekspose hal ini ya sehingga keberadaannya belum lah populer seperti tempat lainnya.

Saputra said...

hampir sama kayak di daerah Pamekasan-Madura, tapi keliatan dari fotonya lebih bagus yang di Bojonegoro. Kalo yang di Pamekasan itu terlihat seperti gag dikelola dengan baik, Banyak pengemisnya.
nice share sob, kalo ada waktu ane juga pengen maen kesana :)

Achsan MassiveBjn said...

km follow blogq pke akun apa? kok g ada dtempat follow.. tlong dkonfir nnti ak folback

Achsan MassiveBjn said...

tanks ya :)

Achsan MassiveBjn said...

iya nih jrang ada yg ekspose maka dari itu sya post biar lumayan eksis, hehe
ini soalnya jg aset daerah saya

Achsan MassiveBjn said...

owh, di madura beneran ada ya.. blum tau kbarnya soalnya, hhe
tanks sob :)

Daniel said...

wahh bagus gan,
bisa hemat LPG kalau masak pakai tu api..

ane sukses follow gan, di tunggu follback nya...

Achsan MassiveBjn said...

whaha.. iya klo sanggung bolak/balik dtengah hutan sob, jauhh :D

oke siap mluncr

Miz Tia said...

baru tahu ada yang kayak gini.

Anonymous said...

kunjungan perdana mas :) sambil baca2
visit n koment back y dblogq :)
skalian follow blogq ya nanti saya follow balik

Anak Kost said...

Wah sebentar lagi libur panjang jadi pengen ke Bojonegoro :(

Obat Penyakit Wasir said...

wah tempat wisata yang menarik perhatian , jadi pengen ke Bojonegoro ....

Anonymous said...

klo dri rejoso kab nganjuk arah'e kmne kang.. Maklum ane buta jalan. Tlong blz_an'nya..


eko.bayu77@yahoo.com

Achsan MassiveBjn said...

rejoso - gondang (bojonegoro) - temayang - dander (pertigaan pasar dander ke barat)

badut.gtr baladewa said...

Sebenernya Bojonegoro banyak kekayaan alam dan pariwisata , tapi sayang pemerintah bojonegoro gak aktif dalam soal yang ini bahkan di abaikan , sungguh sangat di sayangkan. Gua sebagai warga bojonegoro sangat prihatin , mestinya tempat kaya Kayangan Api sangat layak jadi tempat wisata yang mumpuni di Bojonegoro , tapi sayang terpinggirkan , semoga wisata seperti kayangan api tambah luas dan banyak yang mengerti dan banyak orang yang ingin ber wisata di sana . Dan aku sebagai warga bojonegoro sangat bangga dengan sejarah kerajaan di bojonegoro , I LOVE BUMIKU ANGLING DHARMA

Post a Comment